Selasa, 31 Januari 2012

LATIHAN SOAL " ENERGI DAN USAHA " KLAS VII

LATIHAN ENERGI DAN USAHA
1. Apa yang dimaksud energi?
2. Dari mana kamu mendapatkan energi untuk beraktivitas? Jelaskan!
3. Helikopter adalah pesawat yang dirancang agar mudah mendarat tanpa memerlukan landasan yang luas. Perubahan-perubahan energi apa saja yang terjadi pada helikopter?
4. Sebutkan contoh perubahan energi listrik menjadi energi bunyi! Berikan minimal tiga contoh!
5. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)?

 LATIHAN 2
1. Apa yang dimaksud dengan energi-energi berikut ini?
        a. energi mekanik
        b. energi potensial
        c. energi kinetik
2. Jelaskan pengaruh massa dan ketinggian pada energi potensial suatu benda!
3. Jelaskan pengaruh massa dan kecepatan pada energi kinetik!
4. Sebuah benda dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari ketinggian 50 m. Ketika ketinggian benda 30 m, hitunglah kecepatan benda pada saat itu!
5. Tuliskan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan bahwa energi tidak hilang, tetapi berubah menjadi bentuk energi lain!

LATIHAN 3

1. Apa yang dimaksud usaha?
2. Tuliskan contoh kejadian-kejadian dalam sehari-sehari yang sering dianggap sebagai
usaha, tetapi bukan merupakan usaha dalam Sains!
3. Bagaimana hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan?
4. Seorang anak menarik kursi bermassa 10 kg sejauh 3 m. Hitunglah usaha yang diberikan
anak itu!
5. Sebuah benda yang sedang bergerak mempunyai energi kinetik 400 Joule. Benda tersebut dipercepat hingga energi kinetiknya 700 Joule. Hitunglah usaha yang dilakukan benda tersebut!

LATIHAN 4
1. Apa yang dimaksud daya?
2. Konsep daya mirip dengan konsep kecepatan. Jelaskan kedua konsep tersebut!
3. Dapatkah dua buah benda mempunyai energi sama, tetapi mempunyai daya yang berbeda? Jelaskan dengan disertai contoh!
4. Apakah benda yang jatuh bebas dari ketinggian mempunyai daya? Berilah alasannya!
5. Jelaskan contoh-contoh penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari!

SOAL-SOAL ENERGI DAN USAHA. ( UJI KOMPENTENSI )

1. Kemampuan untuk melakukan usaha disebut ....
a. daya
b. energi
c. gaya
d. usaha
2. Kamu dapat beraktivitas karena kamu mempunyai energi dari makanan yang diubah menjadi energi, energi ini disebut energi ....
a. kimia
b. panas
c. listrik
d nuklir
3. Satuan energi adalah ....
a. Newton
b. Joule
c. Newton/meter
d. Joule/sekon
4. Energi yang dimiliki benda karena  posisinya disebut energi ....
a. potensial
b. kinetik
c. mekanik
d. semua salah
5. Sebuah peluru bermassa 0,02 kg ditembakkan dengan kelajuan 200 m/s. Energi kinetik peluru adalah ....
a. 4 Joule
b. 200 Joule
c. 400 Joule
d. 800 Joule
6. Sebuah benda 10 kg berada pada ketinggian 7 m. Percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/s2. Energi potensial benda tersebut adalah ....
a. 0,7 Joule
b. 7,0 Joule
c. 70,0 Joule
d. 700,0 Joule
7. Pernyataan di bawah ini berhubungan dengan energi kinetik, kecuali ....
a. bergantung massa
b. bergantung ketinggian
c. bergantung kuadrat kecepatannya
d. semakin besar kecepatannya semakin besar energi kinetiknya
8. Perubahan energi pada aki yang dihubungkan dengan lampu adalah ....
a. listrik – cahaya – kimia
b. listrik – kimia – cahaya
c. kimia – listrik – cahaya
d. kalor – listrik – cahaya
9. Alat yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik adalah ....
a. baterai dan dinamo
b. aki dan baterai
c. dinamo dan generator
d. aki dan generator
10. Seorang anak mendorong meja, tetapi meja tersebut tidak bergeser. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
a. energinya sama dengan nol
b. anak tersebut tidak melakukan usaha
c. usahanya ada tapi kecil
d. semua salah
11. Sebuah gaya 60 N bekerja pada sebuah lemari. Gaya tersebut mengakibatkan lemari bergeser sejauh 5 m. Besar usahanya adalah ....
a. 3 Nm
b. 30 Nm
c. 300 Nm
d. 12 Nm

12. Jika usaha yang ditimbulkan 1.000 J, gaya yang bekerja 40 Newton, jarak perpindahannya sebesar ....
a. 25 m ke kanan
b. 25 m ke kiri
c. 50 m ke kanan
d. 50 m ke kiri
13. Perubahan energi per satuan waktu disebut ....
a. usaha
b. daya
c. gaya
d. kecepatan
14. Satuan daya adalah ....
a. watt c. Nm
b. Joule d. N
15. Sebuah sepeda motor bermassa 100 kg berubah kelajuannya dari 20 m/s menjadi 30 m/s dalam waktu 5 sekon menempuh jarak 200 m. Besar usaha yang dilakukan adalah ....
a. 2 × 104 Joule
b. 4 × 104 Joule
c. 6 × 104 Joule
d. 8 × 104 Joule

B. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud kekekalan energi? Berikan contohnya!
2. Sebuah batu dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari sebuah gedung yang tingginya 20 m. Ketika bola tersebut telah menempuh jarak 8 m, energi kinetiknya sama dengan energi potensialnya. Jika percepatan gravitasi di tempat itu 10 m/s2, hitunglah kecepatan batu tersebut!
3. Seekor kuda menarik kereta dengan gaya 500 N sejauh 0,4 km. Berapakah usaha yang dilakukannya?
4. Sebuah truk beratnya 2 × 104 N melaju di jalan tol dengan kecepatan 80 km/jam. Pengemudi   empercepat laju kendaraanya hingga 100 km/jam. Peningkatan kecepatan tersebut terjadi dalam 10 sekon. Hitunglah:
a. usaha yang dilakukan truk tersebut,
b. daya truk tersebut!
5. Mengapa lampu 25 watt akan menyala lebih terang daripada lampu 10 watt?



SOAL PEMUAIAN KLAS VII

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!
1. Alat yang digunakan untuk menyelidiki muai panjang suatu benda adalah ….
       a. dilatometer
       b. labu didih
       c. muschen broek
       d. termometer
2. Di bawah ini yang dapat mengalami muai panjang adalah ….
       a. raksa, air dan aluminium
        b. aluminium, besi, dan tembaga
        c. besi, tembaga, dan raksa
        d. raksa, air, dan kuningan
3. Satuan muai panjang adalah ….
            a. m
            b. /0C
            c. 0C
            d. m/0C
4. Sebuah pipa tembaga panjang 1m dengan suhu 250C. Panjang pipa pada suhu 500C adalah ….
            a. 100,00425 cm
            b. 100,0425 cm
            c. 100,425 cm
            d. 101,1875 cm
5. Berdasarkan percobaan muschen broek dapat ditarik kesimpulan yaitu ….
           a. pemuaian zat padat bergantung pada suhu, semakin panas pemuaiannya semakin kecil
           b. logam dapat mengalami muai bidang dan ruang
           c. benda logam memuai jika didinginkan dan menyusut bila dipanaskan
           d. pemuaian zat padat berbeda-beda bergantung pada jenisnya.

6. Zat cair dapat mengalami muai ruang saja, karena ….
            a. zat cair tidak memiliki massa tetap
            b. zat cair tidak memiliki bentuk tetap
            c. zat cair mudah menguap dan mudah mendidih dibanding zat padat
            d. zat cair tidak memiliki volume tetap
7. Pada suatu percobaan, memanaskan air dalam gelas erlenmeyer di atas kompor yang mengakibatkan air tersebut meluap, hal ini membuktikan bahwa ….
             a. zat cair tumpah jika memuai
             b. zat cair memuai jika dipanaskan
             c. gelas erlenmeyer tidak muat untuk mendidihkan air
             d. muai zat cair lebih besar daripada muai zat padat
8. Timah merupakan zat padat yang memiliki koefisien muai panjang terbesar, yaitu 0,000029 artinya ….
            a. akan berkurang panjangnya 0,000029 cm bila suhu dinaikkan 10C
            b. akan menyusut 29 cm bila suhunya dinaikkan menjadi 10C
            c. akan bertambah panjang 0,000029 cm jika suhunya dinaikkan menjadi 10C
            d. akan bertambah panjang 29 cm jika suhunya dinaikkan 10C
9. Koefisien muai panjang adalah ….
            a. angka yang menunjukkan bertambah panjangnya suatu zat tiap 1 cm jika suhunya dinaikkan 10C
            b. angka yang menunjukkan berkurangnya panjang suatu zat tiap 1 cm jika suhunya dinaikkan 10C
            c. angka yang menunjukkan berkurangnya panjang suatu zat tiap 1 cm jika suhunya tetap 10C
           d. angka yang menunjukkan bertambah panjangnya suatu zat tiap 1 cm jika suhunya diturunkan 10C
10. Pemuaian zat cair lebih besar dari zat padat. Pernyataan ini dapat ditunjukkan pada peristiwa ….
           a. penguapan air laut oleh panas matahari
           b. es yang berada dalam gelas berisi penuh air ternyata es mencair seluruhnya tidak ada yang tumpah
           c. gelas yang berisi es, ternyata permukaan luar gelas basah
           d. panci yang berisi air penuh, ternyata airnya dapat tumpah ketika sedang mendidih

11. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat cair adalah ….
          a. muschen broek
          b. dilatometer
          c. labu didih
         d. tensimeter
12. Saat minyak goreng dan air dimasukkan dalam labu yang berbeda kemudian dipanaskan, ternyata permukaan zat cair minyak goreng lebih tinggi daripada permukaan air. Hal ini disebabkan ….
        a. koefisien muai volume minyak goreng lebih kecil daripada air
        b. koefisien muai volume minyak goreng lebih besar daripada air
        c. koefisien muai panjang minyak goreng lebih kecil daripada air
        d. koefisien muai panjang minyak goreng lebih besar daripada air
13. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian gas disebut ….
        a. muschen broek
        b. labu didih
        c. dilatometer
        d. tensimeter
14. Salah satu perbedaan antara zat gas dengan zat padat dan cair adalah ….
        a. volume zat gas mudah diubah-ubah
        b. volume zat gas tidak dapat diubah-ubah
        c. volume zat padat mudah diubah-ubah
       d. volume zat cair mudah diubah-ubah
15. Berikut ini masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
         a. celah pada lubang pintu
         b. celah pada sambungan jembatan
        c. sambungan kabel
        d. pemasangan tiang telepon
16. Tukang kayu merancang ukuran bingkai jendela sedikit lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Hal ini bertujuan ….
        a. memudahkan pemasangan
        b. untuk memberi ruang kaca saat terjadi pemuaian
        c. memudahkan saat pembongkaran dilakukan
        d. agar kelihatan rapi dan bagus

17. Pemasangan kawat telepon atau kawat listrik dibiarkan kendor saat pemasangannya pada siang hari. Hal ini dilakukan dengan maksud ….
       a. memudahkan pemasangan
       b. memudahkan saat perbaikan
       c. agar tidak putus saat terjadi penyusutan
       d. agar tidak putus saat terjadi pemuaian
18. Berikut adalah manfaat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
      a. pemasangan kawat telepon
      b. pemasangan kaca jendela
      c. pemasangan bingkai roda logam pada pedati dan kereta api
     d. sambungan rel kereta api
19. Menyambung dua pelat dengan menggunakan paku khusus dengan proses khusus disebut ….
      a. keping bimetal
      b. sambungan rel kereta api
      c. mengeling
      d. mengelas
20. Keping bimetal terdiri dari dua keping yang memiliki koefisien muai panjang berbeda dikeling menjadi satu. Jika keping bimetal tersebut dipanaskan, maka akan melengkung ke arah….
         a. logam yang angka koefisien muai panjangnya besar
         b. logam yang angka koefisien muai panjangnya kecil
         c. logam yang angka koefisien muai ruangnya besar
         d. logam yang angka koefisien muai ruangnya besar


B. Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat padat disebut ….
2. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat gas disebut ….
3. Benda padat jika dipanaskan akan mengalami perubahan …, …, dan …
4. Sifat utama zat cair adalah menyesuaikan dengan bentuk wadahnya. Oleh karena itu zat cair hanya memiliki muai … saja
5. Di dalam tabung elpiji, gas mengadakan tekanan pada ….
6. Sambungan pada jembatan dibuat bercelah. Hal ini bertujuan agar saat terjadi pemuaian jembatan ….

7. Alat yang berfungsi ganda sebagai saklar dan sebagai pengatur suhu disebut ….
8. Apabila disain jendela tidak diberi ruangan pemuaian, maka saat kaca … mengakibatkan pecah.
9. Keping bimetal adalah ….
10. Pengelingan adalah ….


C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!

1. Jelaskan pengertian koefisien muai panjang!
2. Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi pemuaian zat gas!
3. Bandingkan pemuaian zat gas dengan zat padat!
4. Bagaimanakah cara membuktikan bahwa pemuaian zat cair lebih besar daripada zat padat saat dipanaskan?
5. Sebutkan tiga alat yang yang bekerja berdasarkan bimetal!
6. Sebutkan tiga masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari!
7. Sebutkan tiga penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari!
8. Besi panjang panjang 1 meter dipanaskan dari 200C menjadi 2200C. Jika koefisien muai panjang besi 0,000012/0C, berapakah panjang besi sekarang?
9. Balok besi pada suhu 200C memiliki volume 1.000cm3. Jika koefisien muai panjang besi 0,000012/0C, berapakah volume besi pada suhu 2200C?
10. Pada suhu 00C volume alkohol 300cm3. Jika koefisien muai ruang alkohol 0,001/0C dan alkohol dinaikkan suhunya menjadi 400C, berapakah pertambahan volume alkohol tersebut?

RANGKUMAN PEMUAIAN KLAS VII

Rangkuman
1. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat padat disebut muschen broek.
2. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat cair disebut labu didih.
3. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian gas disebut dilatometer.
4. Masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian dalam kehidupan sehari- hari
            a. Pemasangan kaca jendela
            b. Celah pemuaian pada sambungan jembatan
            c. Sambungan rel kereta api
            d. Kawat telepon atau kawat listrik
5. Beberapa manfaat pemuaian yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
                           a. Pengelingan
                          d. Keping bimetal
                          c. Pemasangan bingkai roda logam pada pedati dan kereta api

Kamis, 19 Januari 2012

TUGAS IPA KELAS VII POKOK BAHASAN  : 3. KLASIFIKASI MAKHLUK
                                               HIDUP




Sebutkan minimal 10 ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup di bawah ini, yang menyebabkan 
makhluk hidup tersebut  di kelompokkan pada kelompok yang sama.
MAKHLUK HIDUP
CIRI-CIRI YANG DIMILIKI
Sapi, Kambing, Gajah, Harimau



Kupu, Tawon, Kalajegking, Laba-laba



Paus, Kuda nil, Lumba-lumba



Ayam, Itik, Angsa, Merpati



Ular, Kadal, Buaya, Cicak



Lele, Mujair, Kakap, Ikan Tuna



Kacang panjang, Kedelai, Turi, Kecipir



Tebu, Jagung, Padi, Rumput Teki



Mangga, Jambu, Sawo, Rambutan



Kera, Gorila, Simpanse, Orang utan







Nama

:…………………………………………………

Kelas

:…………………………………………………

No urut Absen
:…………………………………………………

Senin, 16 Januari 2012

EFEK SAMPING ZAT KIMIA


 
Efek Samping Penggunaan Bahan Kimia Rumah
Tangga dan Pencegahannya
Selain menimbulkan manfaat, penggunaan bahan kimia
pada produk pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi
serangga yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping
terhadap tubuh, kesehatan, dan lingkungan.
Apakah efek samping yang diakibatkan dari produk
pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga? Agar
lebih memahaminya, pelajarilah uraian berikut dengan baik.
a. Efek Samping Penggunaan Produk Pembersih
Efek samping penggunaan sabun atau detergen adalah menimbulkan
limbah rumah tangga berupa busa. Busa yang
ditimbulkan sabun dapat diuraikan oleh mikroorganisme
yang ada dalam tanah, sedangkan busa yang dihasilkan dari
detergen sulit diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanah.
Bahan penyusun detergen terdiri atas senyawa berantai lurus
dan panjang yang disebut Linear Alkylbenzene Sulphonate
(LAS) dan senyawa rantai bercabang yang disebut Alkyl
Benzene Sulphonate (ABS). Senyawa LAS lebih mudah
diuraikan oleh mikroorganisme dibandingkan dengan
senyawa ABS. Akan tetapi LAS hanya bisa terdegradasi
dalam lingkungan aerob (dengan oksigen).
Bahan aktif yang digunakan pada pembersih lantai adalah
benzalkonium klorida. Zat ini bersifat detergen sekaligus
sebagai desinfektan, bersifat kaustik, dan korosif. Pada
konsentrasi berlebih bisa mengiritasi kulit dan jika mengenai
mata akan menyebabkan gangguan seperti gatal bahkan
dapat menyebabkan kerusakan pada kornea.
Selain menimbulkan limbah busa, sabun dan bahan pencuci
merupakan salah satu bahan kimia di rumah tangga yang
berbahaya, maka cara penyimpanannya harus benar. Hal ini
karena tidak banyak yang mengetahui kandungan dan
bahaya bahan aktif yang terdapat di dalamnya.
Apa yang harus kamu lakukan agar efek negatif itu dapat
dihindari? Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain
sebagai berikut.
1) Menggunakan detergen dengan konsentrasi yang encer
dan kadar ABS yang rendah.
2) Menggunakan detergen yang mudah terurai, seperti
sodium dodesil sulfat (SDS).
3) Menyimpan sabun pada tempat yang benar sehingga
jauh dari jangkauan anak.
b. Efek Samping Penggunaan Produk Pemutih
Bahan pemutih pakaian umumnya mengandung senyawa
klorin yang dapat merusak serat kain dan warna pakaian.
Selain itu, senyawa klorin juga dapat menyebabkan iritasi
pada kulit.
Bahan pemutih kulit yang mengandung merkuri atau raksa
yang berlebihan dapat merusak sistem saraf, karena merkuri
Gambar 5.10 Busa detergen sukar
diuraikan oleh mikroorganisme.
Sumber: Dokumen Penerbit
Bahan Kimia dalam Kehidupan 105
merupakan sejenis bahan kimia beracun dan amat berbahaya
bagi kesehatan. Adanya merkuri di dalam tubuh dapat
merusak ginjal.
Ada juga bahan pemutih kulit yang mengandung
hidrokuinon. Pada dosis yang tepat hidrokuinon aman bagi
kulit, tetapi jika kulit alergi akan timbul noda-noda hitam
pada wajah.
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari efek
samping dari penggunaan pemutih, antara lain:
1) Hindari penggunaan jenis pemutih yang mengandung
merkuri.
2) Hanya menggunakan produk pemutih jika kotoran atau
noda sulit dihilangkan oleh sabun atau detergen.
c. Efek Samping Penggunaan Produk Pewangi
Hampir setiap produk yang berkaitan dengan wanita mempunyai
wewangian, seperti sabun, kosmetik, sampo,
pelembut kain, penyubur rambut, kertas tisu dan detergen.
Tujuan menggunakan bahan pewangi adalah untuk
menghasilkan bau wangi pada si pemakai, barang pribadi,
atau udara di sekelilingnya. Namun, kebanyakan kita tidak
menyadari bahwa produk pewangi dapat mendatangkan
bahaya bagi kesehatan kita, terutama bagi wanita hamil.
Kebanyakan pengharum ruangan bekerja dengan mengganggu
daya cium. Pengharum tersebut melapisi saluran
hidung dengan selaput minyaknya, atau melepaskan zat
pemati saraf pencium. Produk yang tidak mengandung
pewangi sebenarnya menambahkan pewangi yang tidak
wangi untuk menyamarkan aroma khas bahan tertentu.
Efek samping bahan kimia pewangi pada kesehatan
manusia, antara lain mengiritasi mata, hidung, tenggorok,
kulit, mengakibatkan mual, pusing, perdarahan, hilang
ingatan, kanker, dan tumor, kerusakan hati, menyebabkan
iritasi ringan hingga menengah pada paru-paru, termasuk
gejala seperti asma.
Selain itu, bahan pewangi yang mengandung chlorofluorocarbon
(CFC) dapat menyebabkan lapisan ozon di atmosfer
berlubang. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk
menghindari efek samping dari produk pewangi antara lain:
1) menggunakan bahan pewangi seperlunya, dan
2) tidak menggunakan pewangi yang mengandung CFC.
d. Efek Samping Penggunaan Produk Pembasmi Serangga
Saat ini memang zaman serba cepat dan praktis. Nyamuk,
semut, atau lalat datang, kita semprot dengan pembasmi
serangga. Hal seperti itu mungkin erat menempel di benak
para konsumen di Indonesia. Akan tetapi, mereka
sesungguhnya tidak mengetahui benar betapa besar
ancamannya jika menggunakan produk semacam itu secara
sembarangan. Bahan kimia berbahaya dapat masuk ke dalam
tubuh melalui dua cara, yaitu: